Siapa Takut Liburan Sendirian

Berjelajah bersama teman-teman memang mengasyikkan. Karena sudah pasti Anda tidak akan merasa cemas jika tersesat atau mengalami kesulitan. Anda memiliki teman-teman  yang bernasib sama dan bisa saling memberi pertolongan. 
Tetapi,  pernahkah terlintas di benak Anda untuk merasakan semua perasaan tersebut hanya seorang diri? Pernahkah Anda berpikir untuk melakukan perjalanan seorang diri ke sebuah tempat yang belum pernah Anda kunjungi? 
Dengan pergi sendirian maka, Anda akan melatih diri Anda untuk hidup lebih mandiri dan berpikir lebih jernih dalam menyelesaikan masalah. Untuk membantu Anda yang berencana berpergian sendirian, berikut kami sajikan tips singkatnya.


1. Pastikan Tujuan 
Pastikan lokasi yang Anda tuju. Lakukan riset  lebih dahulu tentang keadaan di sana dan tempat apa saja yang bisa Anda kunjugi jika sudah sampai di sana. Anda bisa cari lewat Google atau media lain untuk membantu Anda mengumpulkan informasi tentang tempat yang Anda tuju. Jika berhasil mengumpulkan info yang dibutuhkan, Anda setidaknya telah memiliki gambar tentang destinasi liburan.
2. Siapkan Keperluan Sesuai Kebutuhan
Siapkan keperluan Anda sesuai kebutuhan. Jangan terlalu banyak membawa sesuatu yang tidak perlu. Jika Anda membawa barang-barang yang tidak terlalu Anda butuhkan, itu hanya akan membebani Anda saja. Oleh karena itu, lebih baik jika Anda mencatat dan membuat daftar barang apa saja yang sekiranya dibutuhkan selama perjalanan.
3. Siapkan Mental
Siapkan mental Anda karena yang akan Anda jalani pasti berbeda dengan jalan-jalan Anda biasanya. Anda harus bisa menahan segala perasaan gelisah dan takut selama perjalanan. Anda harus bisa berpikir jernih dan tidak gampang panik. Karena jika sedikit saja Anda merasa panik ketika mendapat suatu masalah, masalah tersebut tidak akan langsung selesai, malah justru hanya menghambat Anda.
4. Siapkan Dana yang Cukup
Dalam menyiapkan dana, Anda harus memiliki trik tersendiri. Karena akan sangat riskan jika Anda memang harus membawa uang tunai dalam jumlah banyak. Ketika Anda melakukan survei tentang lokasi yang akan Anda tuju, Anda harus mengetahui apakah di sana terdapat mesin ATM yang bisa membuat Anda tidak perlu membawa uang tunai berlebihan. Jika memang ternyata di sana tidak ada mesin ATM, Anda bisa mengakalinya dengan cara mengambil uang yang banyak dan diletakkan di bagian tas yang paling aman.
5. Hubungi Kerabat
Jika Anda memiliki kerabat di lokasi yang Anda tuju, alangkah lebih baik Anda menghubungi kerabat yang  bisa membantu Anda ketika berada di sana. Dengan begitu beban Anda bisa terasa lebih ringan.

Berani...?